Ini Waktu Paling Bagus untuk Aqiqah

Aqiqah benar-benar disarankan dalam Islam. Hukumnya sunnah muakkad, terutamanya buat orang yang dapat melakukannya. Aqiqah disarankan saat anak baru lahir. Jika belum prima keluarnya, ditambah lagi masih juga dalam muatan, aqiqahnya tidak resmi. Jika ada yang lakukan aqiqah saat itu, itu tidak dipandang seperti aqiqah.

Aqiqah disarankan sampai seorang anak dewasa. Karena itu, lakukan aqiqah saat dewasa itu diizinkan. Namun, saat anak dewasa orangtua tidak disarankan mengaqiqahkannya. Jadi anak itu, aqiqah untuk dirinya. Tujuannya, ia yang memikul semua ongkos yang terkait dengan aqiqah.

Walau aqiqah disarankan aqiqah jakarta sampai baligh atau dewasa, tetapi waktu paling baik aqiqah ialah saat hari ke-7 sesudah kelahiran. Ini berdasar hadis:

كُلُّ غُلاَمٍ مُرْتَهَنٌ بِعَقِيقَتِهِ تُذْبَحُ عَنْهُ يَوْمَ السَّابِعِ وَيُحْلَقُ رَأْسُهُ وَيُسَمَّى

“Tiap anak tergadaikan dengan aqiqahnya. Disembelih di hari ke-7, dicukur gundul rambutnya, serta dinamakan.” (HR. Ahmad)

Hadis ini memberikan waktu paling bagus untuk aqiqah ialah hari ke-7. Di hari itu disarankan memangkas rambut anak serta memberikan namanya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *