Dapur Komersial: Pertimbangan Desain Untuk Dipikirkan

Dapur berorientasi bisnis, yang dirancang dengan baik, membentuk bagian integral dari persiapan makanan komersial yang aman, efisien dan menguntungkan. Dapur berorientasi bisnis yang telah dirancang untuk mempertimbangkan ergonomi akan sangat dihargai oleh pemilik, koki, serta staf dapur. Mungkin tidak semudah itu untuk benar-benar menghargai betapa pentingnya desain itu sampai Anda bekerja di dapur yang telah dirancang dengan buruk.

Dapur yang lengkap dan dirancang dengan baik akan memberdayakan Anda untuk memberikan layanan berkualitas kepada pelanggan Anda. Penilaian yang cermat atas kebutuhan saat ini dan masa depan memberikan Anda dasar yang kuat untuk kesuksesan bisnis. Desain dapur yang cerdas menciptakan suasana kerja yang positif dan mencegah kemacetan dan gangguan yang tidak perlu.

Saat Anda merencanakan garis besar desain untuk dapur komersial Anda, sejumlah faktor harus dipertimbangkan.

Ruang yang tersedia

Kekhawatiran yang sangat penting adalah jumlah ruang yang tersedia, apakah Anda membangun dari tanah atau menempatkan dapur di dalam struktur yang sudah ada. Metode apa pun, Anda ingin memanfaatkan ruang yang tersedia tanpa mengorbankan alur kerja atau kecepatan.

Para ahli merekomendasikan bahwa para perancang dapur komersial harus berkonsultasi dengan masing-masing departemen utilitas setempat untuk membantu mengidentifikasi lokasi-lokasi pembangkit listrik dan gas karena ini dapat memengaruhi bagaimana peralatan dapur diposisikan. Berhubungan dengan pihak berwenang setempat sangat penting untuk mendapatkan panduan dari departemen kesehatan tentang lokasi pembuangan.

Berinvestasi dalam Peralatan Hemat Energi

Ketika Anda memperoleh peralatan memasak baru, pikirkan seluruh biaya siklus hidup produk, yang idealnya harus mencakup harga perolehan, dan biaya energi tahunan ditambah biaya jangka panjang lainnya yang terkait dengan peralatan khusus itu. Selain itu, pastikan memenuhi Standar Makanan dan Peralatan Peralatan yang direkomendasikan oleh Institut Kesehatan Lingkungan Australia.

Memastikan Konsumsi Energi yang Efisien

Untuk setiap desain dapur yang berorientasi bisnis, efisiensi energi harus menjadi pertimbangan utama, karena itu akan menghemat uang untuk biaya utilitas. Dalam pengaturan dapur yang hemat energi, peralatan memasak Anda harus dijaga agar tetap terpisah sejauh mungkin namun tetap nyaman. Misalnya, peralatan memasak Anda harus diposisikan secara strategis untuk mengoptimalkan kap dapur.

Foodservice Consultants Society International, organisasi jasa konsultasi desain dan manajemen profesional global memperkirakan bahwa penghematan energi dari peralatan dapur yang efisien bisa mencapai 40%, yang hampir 3 hingga 6 persen dari total biaya operasi dapur Anda.

Ergonomi & Mobilitas Staf

Dapur yang dirancang secara ergonomis adalah dapur di mana staf dapat berdiri di satu tempat dan melaksanakan sebagian besar pekerjaan mereka dengan berjalan, berputar, meraih dan membungkuk. Selain itu, ergonomi mengurangi tingkat kelelahan, ketidaknyamanan, dan mengurangi kemungkinan cedera di dapur.

Dapur yang tertata dengan baik memungkinkan staf Anda untuk bergerak dengan mudah tanpa saling bertabrakan. Ini mempromosikan dapur yang efisien dan tertata dengan baik terutama selama masa-masa sibuk.

Fleksibilitas desain

Fleksibilitas dalam desain sangat penting untuk dapur apa pun. Perubahan gaya manajemen industri makanan atau tren dalam makanan bisa sepenuhnya mengubah menu, sangat mempengaruhi penggunaan dan penempatan peralatan Anda, oleh karena itu desain dapur Anda harus tetap fleksibel.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *