Cara Memecahkan Masalah Ilmu Fisika

Memecahkan masalah dalam ilmu fisika atau matematika dapat menyebabkan kesulitan besar bagi beberapa siswa. Jika Anda merasakan hal yang sama, mungkin langkah-langkah di bawah ini mungkin membantu. Anda mungkin sampai sekarang telah belajar dari guru Anda bagaimana ‘melakukan’ pertanyaan tertentu dan kemudian menemukan diri Anda terjebak ketika Anda menemukan yang baru dengan sedikit variasi. Yang perlu Anda kembangkan adalah cara umum menangani masalah matematika dalam sains, sehingga Anda tidak akan bergantung pada satu set pertanyaan apa pun.

Jangan pernah meninggalkan ruang kosong! Bahkan jika Anda “tidak dapat melakukan pertanyaan”, Anda dapat melakukan sebagian besar langkah-langkah di bawah ini, dan cukup sering Anda akan menemukan jawabannya dalam proses itu. Anda tidak dapat menyerah sampai Anda mencoba langkah-langkah ini. Berlatihlah, sehingga Anda bisa melakukannya dengan cepat.

Baca pertanyaannya dua kali. Dapatkan intisari tentang apa itu. Pahami apa yang diminta dari Anda.
Baca lagi lebih lambat. Cari tahu informasi apa https://rumus.co.id yang diberikan kepada Anda. Jika ada nilai tertentu yang diberikan, beri mereka nama, dan simbol dan tuliskan saat Anda menemukannya.
Cari informasi tersembunyi. Baca lagi jika perlu. Terkadang ada informasi ‘tersamar’ di mana tidak ada kuantitas yang jelas tetapi membaca dengan cermat akan memberi Anda nilai. Sebagai contoh, ‘sebuah partikel, dimulai dari istirahat’, dengan kata lain kecepatan awal sama dengan nol. Dapatkan idenya?
Apa yang perlu Anda ketahui? Sekali lagi, berikan nama dan simbol.
Brainstorm. Ilmu apa yang Anda ketahui relevan dengan masalah? Adakah hukum atau prinsip yang bisa Anda hubungkan dengan masalah?
Brainstorming untuk rumus apa pun yang Anda tahu, berisi simbol yang tercantum di depan Anda. Lihat jumlah yang Anda tahu dalam rumus. Pilih yang bernilai paling tinggi dari daftar ‘givens’ Anda. Jika ada lebih dari satu yang tidak diketahui, lakukan brainstorming untuk lebih banyak rumus dengan nilai yang tidak diketahui ini dan nilai yang diberikan dalam masalah. Anda akhirnya akan menemukan formula dengan yang tidak dikenal.
Rencanakan pertanyaan Anda. Jangan hanya secara membabi buta memasukkan nilai ke dalam formula dan berharap yang terbaik. Pikirkan ‘Jika saya mendapatkan ini, maka saya bisa mendapatkan ini dan akhirnya …’ Pikirkan di mana Anda akan pergi dengan masalah.
Masih macet? Baca lagi pertanyaannya. Adakah sesuatu – nilai, frasa – yang belum Anda gunakan? Biasanya ada alasan untuk semua bagian dari pertanyaan. Jika Anda belum menggunakannya pikirkan bagaimana Anda bisa menggunakannya.
Sudahkah Anda menggambar diagram? Apakah ada yang membantu?
Setelah selesai, tulis kembali jawabannya dengan kotak di sekitarnya. Periksa lagi pertanyaannya. Adakah yang tertinggal? Periksa unit Anda. Periksa apakah jawabannya masuk akal.
Simpan kiat ini untuk sementara waktu saat Anda mengatasi masalah. Segera mereka akan menjadi kebiasaan dan Anda akan menemukan banyak masalah yang tidak dapat Anda selesaikan sebelum mulai masuk akal.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *