Bookmarking Sosial sebagai Alat Bisnis

Sebelum membahas penggunaan bookmark sosial sebagai alat bisnis, pertama-tama kita harus melihat fenomena tersebut dan membahas mengapa fenomena ini menjadi begitu populer. Dengan memahami hal itu, maka akan menjadi lebih mudah untuk memahami potensi penggunaan bisnis. Kegunaan yang diuraikan di sini adalah hanya sebagai berikut: menguraikan, karena aplikasi tertentu tempat situs-situs ini dapat dikhususkan untuk jenis bisnis online Anda.

Maksud asli dari bookmark sosial adalah untuk memungkinkan Anda menyimpan situs web dan halaman yang telah Anda temukan dan ingin rujuk di kemudian hari, dan juga untuk merujuknya kepada orang lain yang menurut Anda mungkin mendapat manfaat darinya atau hanya social bookmarking menikmati mengunjunginya. Anda dapat menandai semua jenis konten web dari artikel ke blog ke video, dan untuk mulai melakukannya Anda harus mendaftar terlebih dahulu ke satu atau lebih situs bookmark sosial.

Di antara yang lebih populer dari layanan tersebut adalah Digg, Reddit, Del.icio.us, Blink, Furl, dan StumbleUpon. Mereka mudah untuk bergabung, dan setelah melakukannya semua yang harus Anda lakukan untuk membuat bookmark hanyalah dengan menambahkan tombol atau chicklet yang menghubungkan ke situs bookmark sosial tertentu, dan klik di atasnya. URL halaman yang Anda lihat akan ditambahkan ke bookmark Anda dan Anda dapat mengategorikannya dengan menggunakan tag. Tag tidak lebih dari kata kunci yang menurut Anda paling tepat menggambarkan halaman yang Anda lihat. Anda dapat menggunakan hanya satu tag atau sejumlah saja.

Semua bookmark Anda di setiap situs dapat diakses dengan mengklik salah satu tag di ‘tag cloud’ Anda, yang pada dasarnya adalah daftar tag, meskipun dimungkinkan untuk mengkategorikannya agar lebih mudah menemukan bookmark pada topik tertentu .

Jadi bagaimana Anda dapat menggunakan bookmark sosial sebagai alat bisnis? Sebagai permulaan, ini adalah cara untuk meningkatkan visibilitas blog Anda, situs web dan bahkan program afiliasi Anda, dan peningkatan visibilitas mengarah ke lebih banyak pengunjung. Situs bookmark sosial dapat memberi Anda tautan balik yang akan meningkatkan Google PageRank Anda: ini pada gilirannya dapat meningkatkan posisi hasil mesin pencari Anda. Karena mereka gratis, Anda tidak akan rugi dengan menggunakan situs-situs ini dengan cara ini, kecuali Anda berlebihan dan dianggap sebagai spammer.

Berikut adalah langkah-langkah yang diperlukan untuk menggunakan situs bookmark secara efektif untuk bisnis Anda sambil menghindari jebakan spam.

Mari kita asumsikan bahwa Anda telah terdaftar di situs bookmark sosial seperti del.icio.us, dan siap untuk pergi. Langkah-langkah yang sama di sini akan berlaku untuk yang lain, dan seperti kebanyakan aspek lain dari bisnis online, hasil terbaik akan diperoleh dengan menggunakan situs bookmark sosial sebanyak yang Anda bisa temukan. Pengulangan membawa hasil terbaik.

1. Periksa situs tersebut. Tidak semua situs bookmark sosial memiliki jenis pengguna yang sama, dan penting bahwa ada pengguna lain di situs yang mungkin tertarik pada konten dan produk situs web Anda. Lihatlah blog dan situs web yang mendapatkan jumlah bookmark terbanyak – yang seringkali merupakan panduan yang baik untuk jenis pengguna, dan jika Anda dapat menghasilkan konten yang mirip dengan hal-hal yang lebih populer di situs bookmark yang dimaksud, maka Anda harus dapat menggunakan situs itu dalam bisnis Anda.

2. Menghasilkan konten yang dekat dengan yang mendapat bookmark paling banyak di setiap situs tertentu, dan memelintirnya ke bisnis Anda. Dimungkinkan untuk menggunakan hampir semua situs bookmark sosial dengan cara ini jika Anda cukup pintar. Bookmark yang Anda buat dari halaman web atau blog Anda sendiri harus berisi konten bagus yang menarik, menghibur atau mendidik, dan bukan materi penjualan langsung. Biarkan konversi lalu lintas menjadi penjualan hingga Anda benar-benar memilikinya di situs web Anda, dan kemudian berikan tautan ke halaman penjualan Anda. Orang lebih bertanggung jawab untuk membeli dari Anda jika Anda telah menunjukkan keahlian dalam subjek dengan menyelesaikan masalah atau menghadirkan sudut pandang baru pada topik tertentu.

3. Hindari saran yang diberikan di beberapa tempat untuk membuka beberapa akun dengan situs bookmark sosial yang sama. Itu dapat merusak reputasi Anda, dan paling buruk dapat mengakibatkan situs tersebut melarang Anda dan membatalkan semua pendaftaran Anda. Bahkan jika dengan nama dan alamat email yang berbeda, mereka dapat mengidentifikasi Anda melalui alamat IP Anda.

Ini adalah cara umum di mana Anda dapat mulai menggunakan bookmark sosial sebagai alat bisnis untuk menghasilkan bisnis baru. Namun, ada lebih banyak ke situs-situs ini dari sekedar mendapatkan bisnis, dan mereka berguna sebagai alat administratif dalam hak mereka sendiri. Berikut adalah beberapa cara di mana mereka dapat membantu membuat bisnis Anda lebih mudah dijalankan:

1. Gunakan bookmark sosial sebagai sistem katalog untuk basis pengetahuan bisnis Anda. Setiap karyawan yang menemukan situs yang berhubungan dengan aspek spesifik bisnis Anda dapat membookmark mereka di bawah tag spesifik yang telah Anda tentukan untuk digunakan untuk jenis informasi tertentu. Restoran yang bagus dan hotel yang bagus untuk klien bisnis, sumber peralatan kantor yang murah dan bahan referensi yang berkaitan dengan bisnis Anda adalah semua kategori yang dapat Anda tentukan sebelumnya, dan bahwa Anda dan karyawan Anda dapat membangun situs bookmark sosial yang disetujui.

2. Gunakan saat mencari pemasok atau pelanggan baru. Staf dapat membuat bookmark ketika mereka menemukan situs web atau posting blog dari calon klien atau pemasok untuk layanan spesifik yang Anda cari. Katakanlah Anda mencari perusahaan limusin baru untuk mengangkut klien penting ke dan dari bandara. Setelah beberapa saat, Anda dapat mengakses situs bookmark sosial untuk mengetahui apa yang telah ditandai oleh staf Anda, dan karenanya membuat pilihan Anda jauh lebih mudah.

3. Jika Anda dapat menentukan apakah klien, pelanggan, atau vendor Anda memiliki registrasi dengan situs bookmark sosial, Anda dapat mendaftar dengan situs yang sama sendiri dan menandai posting blog dan konten web Anda sendiri. Jika Anda mendapat pemberitahuan sebelumnya bahwa klien potensial tertentu mencari layanan atau pemasok baru, maka Anda bisa maju dari bidang itu dengan membuat bookmark di situs yang mereka gunakan.

Salah satu keuntungan dari situs-situs tersebut adalah bahwa kata kunci, atau tag, lebih ditentukan pengguna daripada mesin pencari. Karena itu mereka harus mendefinisikan konten dengan cara yang lebih manusiawi dari mesin. Jika Anda mencari informasi spesifik, Anda harus dapat menemukannya lebih mudah dengan menggunakan bahasa yang juga akan digunakan orang lain. Ada kelemahan dalam hal ini karena kesalahan ejaan adalah hal biasa, jadi pastikan ejaan Anda benar karena situs bookmark sosial tidak akan menanyakan apakah Anda yakin, seperti mesin pencari seperti Google.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *