10 Tips Untuk Mempercepat Aplikasi Magento Anda

Selain ditulis dalam PHP, Magento juga dirancang sebagai platform e-commerce yang fleksibel. Anda dapat menggunakan Magento untuk menyesuaikan tampilan, fungsi, dan konten toko web dengan mudah. Selain itu, Anda dapat mempercepat pengembangan aplikasi e-niaga dengan memanfaatkan alat-alat canggih yang disediakan oleh Magento untuk optimasi mesin pencari, pemasaran digital, dan manajemen katalog. Namun, Anda tidak boleh melupakan fakta sederhana bahwa sebagian besar pelanggan akan meninggalkan situs web e-niaga jika tidak dimuat dalam 3 detik. Oleh karena itu, Anda harus mencari cara untuk mempercepat aplikasi Magento agar pengguna tetap terlibat dan mengubahnya menjadi pelanggan.

10 Trik Sederhana untuk Mempercepat Aplikasi Ecommerce Magento Anda

1) Menerapkan Caching

Anda dapat mempercepat aplikasi Magento dengan menerapkan berbagai caching. Mekanisme caching akan mengurangi beban pada waktu server dan mengurangi waktu respons server. Platform ecommerce dilengkapi dengan modul caching bawaan dan mendukung solusi caching pihak ketiga. Karenanya, Anda dapat dengan mudah menerapkan caching peramban, caching halaman, dan tajuk kedaluwarsa. Demikian juga, Anda dapat menginstal dan mengkonfigurasi cache dengan menggunakan alat yang kuat seperti APC, Redis, Memcached, dan Varnish.

2) Gunakan PHP Accelerator

Magento ditulis dalam PHP. Karenanya, Anda dapat dengan mudah meningkatkan kinerja skrip PHP dengan menggunakan alat seperti eAccellerator, APC, dan Xcache. Alat-alat ini mempercepat eksekusi skrip PHP dengan menerapkan bentuk caching tertentu. Mekanisme caching cache skrip PHP dalam kecepatan yang dikompilasi dan meningkatkan kinerja aplikasi e-commerce.

3) Aktifkan Katalog Rata

Magento menyimpan informasi pelanggan dan produk berdasarkan model nilai atribut entitas (EAV). Saat Anda mengaktifkan katalog tetap, data produk atau pelanggan akan digabung menjadi satu tabel. Merger akan membuat aplikasi merespons pertanyaan MySQL lebih cepat. Oleh karena itu, Anda dapat dengan mudah meningkatkan kinerja aplikasi Magento dengan mengaktifkan katalog datar untuk produk dan kategori.

4) Aktifkan Kompilasi Magento

Saat memuat halaman, Magento mencari file aplikasi dalam urutan tertentu. Oleh karena itu, perlu membaca sistem file tambahan setiap kali halaman web diminta. Anda dapat dengan mudah mengurangi jumlah sistem file yang dibaca melalui fitur komplikasi yang disediakan oleh Magento. Fitur ini akan menyalin semua file

technicaltalk ke dalam satu direktori termasuk, dan cache file yang lebih sering digunakan. Anda dapat memanfaatkan fitur kompilasi untuk meningkatkan kecepatan pemuatan aplikasi Magento secara signifikan.

5) Bersihkan Log Magento

Magento menyimpan file log hingga 180 hari secara default. Jika Anda tidak sering membersihkan log, ukuran basis data akan terus meningkat. Anda selalu dapat mengontrol ukuran database dengan membersihkan log secara berkala. Magento lebih lanjut memungkinkan Anda untuk mengaktifkan pembersihan log dan mengubah hari penyimpanan log. Anda cukup mengubah konfigurasi untuk membersihkan log secara otomatis sesuai jadwal.

6) Hapus Modul dan Ekstensi yang Tidak Digunakan

Anda dapat dengan mudah menambahkan fungsionalitas ke aplikasi Magento dengan menggunakan berbagai modul dan ekstensi. Tetapi setiap ekstensi memengaruhi kinerja aplikasi e-niaga secara merugikan dengan menjalankan permintaan HTTP tambahan dan memuat file CSS dan JavaScript tambahan. Karenanya, Anda harus memeriksa penggunaan dan ekstensi yang relevan yang termasuk dalam toko web. Anda dapat dengan mudah meningkatkan kinerja aplikasi dengan menonaktifkan ekstensi yang tidak perlu dan tidak digunakan menggunakan akun admin Magento Anda.

7) Gunakan Jaringan Pengiriman Konten

Sebagai sistem server terdistribusi, jaringan pengiriman konten (CDN) memuat halaman web berdasarkan lokasi geografis pengguna saat ini. Ini menyimpan salinan situs web pada server bersama dan memberikan konten situs web kepada pengguna dari server terdekatnya. Anda selalu dapat meningkatkan kecepatan situs web e-niaga dengan mengirimkan konten statis melalui CDN. Anda juga memiliki opsi untuk memilih dari berbagai CDN sesuai dengan kebutuhan aplikasi Magento Anda.

8) Gunakan Kompresi GZIP

Anda dapat dengan mudah meningkatkan kecepatan memuat aplikasi e-niaga dengan mengompresi konten yang dikirimkan ke pengguna akhir di kedua ujung klien dan server. Kompresi GZIP membuat Anda lebih mudah mengompresi konten di tingkat terputus. Oleh karena itu, server memberikan konten terkompresi ke browser lebih cepat. Selain membuat transfer jaringan lebih cepat, kompresi GZIP juga mengurangi jumlah bandwidth yang dikonsumsi oleh aplikasi Magento. Anda dapat dengan mudah mengaktifkan kompresi GZIP dengan menambahkan potongan kode ke file .htaccess.

9) Optimalkan Gambar

Gambar merupakan lebih dari 50% kecepatan halaman setiap aplikasi e-niaga. Oleh karena itu, ukuran gambar akan langsung berdampak pada kecepatan aplikasi Magento Anda. Anda harus mengoptimalkan gambar untuk mempercepat pemuatan dan meningkatkan kinerja toko web Anda. Anda dapat mengoptimalkan gambar dalam beberapa cara. Anda dapat menggunakan alat canggih seperti PhotoShop untuk mengoptimalkan gambar sebelum mengunggah. Pada saat yang sama, Anda juga dapat menggunakan ekstensi seperti TinyPNG atau Kompresor untuk mengoptimalkan gambar secara otomatis.

10) Gabungkan dan Perkecil CSS dan JavaScript

Seringkali JavaScript dan CSS meningkatkan waktu pemuatan halaman dengan mengirim permintaan HTTP tambahan ke server web. Anda dapat mengurangi jumlah permintaan HTTP yang dikirim ke server dengan menggabungkan file JavaScript dan CSS. Magento menyediakan opsi spesifik untuk menggabungkan file JavaScript dan CSS. Anda cukup mengaktifkan opsi untuk menggabungkan file JavaScript dan CSS secara otomatis. Anda juga dapat menggunakan ekstensi spesifik yang disediakan oleh Magento untuk memperkecil file JavaScript dan CSS. Ekstensi ini akan meningkatkan kecepatan situs web Anda secara signifikan dengan menghapus spasi dari pengkodean.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *